20 September 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Sejarah Hari Ini: Domain Yahoo.com Didaftarkan


Sejarah Hari Ini: Domain Yahoo.com Didaftarkan

KLIKTENGGARONG.COM- Hari ini, tepat 22 tahun lalu, domain Internet Yahoo.com didaftarkan. Nama Yahoo dipilih duo pendiri Yahoo, Jerry Yang dan David Filo, untuk menggantikan nama situs web yang sebelumnya "Jerry's and David's Guide to the World Wide Web," yang kepanjangan dan terkesan norak.
 
Dipantau dari situs WhoIs, domain ini didaftarkan pada 18 Januari 1995 dan kini dipegang oleh Yahoo Inc yang bermarkas di 701 First Avenue, Sunnyvale, California. Masa aktifnya telah dibayar hingga 19 Januari 2023.
 
Yahoo awalnya dibentuk sebagai situs panduan berisi kumpulan sejumlah situs. Layanannya berubah menjadi portal web dengan segudang fitur seperti mesin pencari, email, mesin iklan digital, hingga agregator konten berita. Di tahun 2000 atau era dot-com berjaya, Yahoo menjadi salah satu raja teknologi yang bernilai.
 
Angka tersebut menurun seiring pertumbuhan bisnis Google yang menggurita di segala lini berbasis Internet. Tanda-tanda penurunan itu tak membuat Yahoo untuk berpikir menjual bisnisnya. Itu terbukti dari ditolaknya tawaran akuisisi oleh Microsoft yang diduga mencapai 44,6 miliar dollar AS.
 
Setelah mengalami degradasi parah dengan pemecatan 2.000 karyawan serta beberapa kali pergantian CEO, akhirnya Yahoo berpikir untuk menjual bisnis media dan Internet yang bisa dibilang adalah jantung usaha. Tawaran akusisi Verizon senilai Rp 64,2 triliun diterimanya pada pertengahan 2016.
 
Proses akuisisi ini sedikit terhambat setelah Yahoo mengungkap ke publik bahwa ada 1,5 miliar akun email pengguna Yahoo yang telah diretas pada 2013 dan 2014. Di awal 2017, sejumlah petinggi Yahoo, termasuk CEO Marissa Meyer, memutuskan untuk mengundurkan diri setelah nanti Verizon menyelesaikan transaksi akuisisi.
 
Jika transaksi akuisisi ini diselesaikan, maka Verizon akan menguasai sejumlah produk inti Yahoo yang melegenda antara lain mesin pencari, Yahoo Mail, Yahoo Messenger, sistem iklan digital, Flickr, Tumblr, situs media Yahoo Finance dan Yahoo Sports.
 
Sementara perusahaan Yahoo sendiri membentuk perusahaan induk bernama Altaba Inc, yang memiliki aset paten teknologi, juga 15 persen saham di Alibaba dan 35,5 persen saham di Yahoo Jepang.(*)
Reporter : Inara Dafina    Editor : Suriadi Said



Comments

comments


Komentar: 0