20 Oktober 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Agus Bei, Pegiat Lingkungan Dari Kaltim Raih Kalpataru


Agus Bei, Pegiat Lingkungan Dari Kaltim Raih Kalpataru
Presiden Joko Widodo menyerahkan Kalpataru kepada Agus Bei, Rabu 2 Agustus 2017 (Foto: Ist)

 

KLIKTENGGARONG.COM- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menyerahkan 10 Kalpataru kepada perintis, pengabdi, penyelamat dan pembina lingkungan pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup (HLH) 2017 di Manggala Wanabakti.

Penghargaan yang diberikan secara simbolik di hadapan Presiden Joko Widodo antara lain 10 Kalpataru, 16 Adipura, enam Adipura Kencana, 116 Adipura, 24 Adiwiyata, dan 9 Niwarsita Tantra untuk tiga Gubernur, tiga Bupati dan tiga Wali Kota.

"Rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup sudah berlangsung sejak awal tahun diisi dengan berbagai kegiatan. Pada puncak peringatannya diserahkan berbagai penghargaan lingkungan," kata Menteri LHK pada puncak Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2017 di Jakarta, Rabu 2 Agustus 2017.

Satu orang warga Kalimantan Timur (Kaltim) memperoleh penghargaan Kalpataru untuk kategori perintis. Ya, dialah Agus Bei dari Balikpapan, Kalimantan Timur.

Agus merupakan pegiat lingkungan yang melestarikan mangrove di pesisir pantai Balikpapan. Agus Bei bersama Anuar dari Sumatera Selatan.

Agus Bei menjadi salah satu perwakilan Provinsi Kalimantan Timur dalam ajang usulan calon penerima Kalpataru tahun 2017. Agus telah memenuhi kriteria dan persyaratan sehingga dapat diverifikasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk masuk dalam tahap penilaian berikutnya.

Dalam tahap verifikasi dari 22 Propinsi di Indonesia, dari Kota Balikpapan mewarnai ajang perwakilan Kalimantan Timur yang sudah melalui proses tahapan-tahapan seleksi

"Semoga atas pengabdian ini akan membawa nama harum daerah atas apa yang sudah dicapai dalam pelestarian lingkungan hutan Mangrove di Kalimantan Timur , dan Kota Balikpapan tercinta," ujar Agus Bei.

Pemerintah juga memberikan penghargaan kategori pengabdian kepada Mahariah dari DKI Jakarta dan Heri Supriyatna dari Jawa Barat.

Untuk kategori penyelamat kepada Kelompok Pelestarian Penyu Kurnia Asih Desa Peracak dari Bali, Kelompok Nelayan Samudera Bakti dari Jawa Timur, Kelompok Masyarakat Pengawas Danau Lindung dari Kalimantan Barat dan Kelompok Pecinta Alam Isyo Hill's Repang Muaif dari Papua.

Sedangkan untuk kategori pembina lingkungan Kalpataru diberikan pada Saptono Tanjung dari Daerah Istimewa Yogyakarta dan Lefrand Adam Singal dari Kalimantan Utara.

Kalpataru adalah penghargaan yang diberikan kepada perorangan atau kelompok atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup di Indonesia. Kalpataru sendiri adalah bahasa Sanskerta yang berarti pohon kehidupan (Kalpavriksha). (*)

 

 

Reporter : Maggie    Editor : Nur Aisyah Nawir



Comments

comments


Komentar: 0