20 Oktober 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Lahan Pinjaman, TPA Loa Jalan Hanya Bisa Dipakai Hingga 2021


Lahan Pinjaman, TPA Loa Jalan Hanya Bisa Dipakai Hingga 2021

KLIKTENGGARONG.COM- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) hanya dapat digunakan hingga 2021 mendatang. Padahal, TPA seluas 3 hektar tersebut baru dibangun Februari 2017 lalu.

Camat Loa Janan, Muhaji mengungkapkan, lahan TPA yang dibangun dengan bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) tersebut merupahan lahan pinjaman yang hanya bisa digunakan selama 4 tahun.  

“Mau dipakai untuk bangun pesantren,” terang Camat Muhaji ditemui di Pendopo Wakil Bupati belum lama ini.

Hal tersebut pun, kata dia, sudah dibahas dengan DPRD Kukar dengan mempertemukan kepala desan dan perusahaan. Hasilnya, ada 2 titik yang ditawarkan untuk menjadi TPA baru, kilo meter 9 dan 13.

Namun, lokasi yang dipilih ternyata tersangkut masalah kepemilikan lahan. Seperti di kilo meter 9 Loa Jalan yang semula diklaim milik PT Insani, setelah dicek kepala desa, kawasan itu bukan sepenuhnya milik perusahaan. Namun beberapa diantaranya dimiliki masyarakat. Sementara di kilo meter 13 milik warga belum dibebaskan.

Sesuai kesepakatan, rencananya lahan tersebut akan dibebaskan perusahaan melalui program CSR. Meski begitu, hingga kini pihak perusahaan belum juga merealisasikan pembebasan lahan tersebut.

Begitu juga dengan 1 kawasan HPL di Desa Tani Bhakti yang ditunjuk Departemen Transmigrasi saat rapat di Badan Perencanan Pembangunan Daerah (Bapeda) Kukar menemui jalan buntu.

Pasalnya, ketika ditinjau bukan tempat yang dimaksud malah HPL KM 40 Desa Batuah. Kawasan ini dinilai tidak logis karena terlalu jauh warga loa janan membuang sampah hingga kesana.

“Jadi sudah ada 3 titik yang ditunjuk tapi kembali gagal karena adanya permasalahan,” ucapnya dengan rasa kecewa.



Reporter : Zaenul Fanani Umar    Editor : Nur Aisyah Nawir



Comments

comments


Komentar: 0