20 September 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Jelang Hari Raya Qurban, Cabai Rawit Mahal Lagi


Jelang Hari Raya Qurban, Cabai Rawit Mahal Lagi
Ilustrasi

KLIKTENGGARONG.COM - Jelang Hari Raya Iduladha tahun 2017, yang jatuh pada 31 Agustus, isu lonjakan harga menghantui warga. Menurut pantauan KlikSamarinda di Pasar Tradisional Segiri, Rabu pagi, 16 Agustus 2017, harga beberapa komoditas pasar relatif normal. Hanya saja, beberapa komoditi sayur justru langka.

Kelangkaan terjadi pada jenis buncis dan terong. Pun cabai rawit. Samarinda membanderol harga cabai rawit di kisaran Rp50 ribu per kilogram. Sedangkan, buncis di kisaran harga Rp24 ribu per kilogram dan terong di banderol Rp8000 per kilogram.

Para pedagang mengaku minimnya jumlah stok di tingkat distributor membuat para pedagang tak bisa berbuat apa-apa.

"Ya mau bagaimana, stoknya memang sedikit," kata salah seorang pedagang sayur di Pasar Segiri, Afri.

Salah seorang pedagang sayur lain, Akbar mengatakan kondisi curah hujan yang tinggi menyebabkan minimnya hasil panen petani. Ia mempridiksi, jika keadan tak berubah hingga mendekati Iduladha. Harga beberapa komoditas yang langka bakal merangkan naik.

"Tapi mungkin nggak banyak. Ya, paling lombok naik jadi Rp55 ribu atau Rp60 ribuan," tutup pria yang sudah 10 tahun berdagang cabai ini.

Selain itu, harga pangan lain yang terpantau tinggi, antara lain, Untuk bawang putih, harga bertahan di Rp55 ribu per kilogram, bawang merah yang sebelumnya terpantau di Rp32 ribu-Rp35 ribu per kilogram, saat ini harganya di kisaran Rp39 ribu per kilogram.

Adapun beberapa jenis daging yang harganya fluktuatif. Daging ayam Rp 38 ribu-Rp 41 ribu per kilogram, daging sapi Rp127 ribu s/d Rp130 ribu per kilogram, dan telur ayam di kisaran harga Rp35 ribu s/d Rp48 ribu per piring. (*)

 

Reporter : Marki/Kliksamarinda.com    Editor : Putri



Comments

comments


Komentar: 0