25 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Target 5 Besar di PON XX, Atlet Kaltim Bakal Latihan di Papua Mulai Tahun Depan


Target 5 Besar di PON XX, Atlet Kaltim Bakal Latihan di Papua Mulai Tahun Depan
Salah satu atlet taekwondo Kaltim (Int)

KLIKTENGGARONG.COM- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) bakal memusatkan latihan atlet di Papua untuk menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 mendatang.

Wakil Ketua KONI Kaltim, Andi Harun mengatakan, persiapan tersebut akan dimulai jauh hari pada Januari 2018, lantaran adanya beban memenuhi target posisi lima besar, sekaligus provinsi terbaik di luar Pulau Jawa.

"Papua selaku tuan rumah tentu punya ambisi untuk meraih posisi lima besar dan menyadari kondisi itu Kaltim harus bergerak serta terus berbenah melakukan persiapan," katanya, di Samarinda, Senin.

Pengalaman sebelumnya, persiapan untuk atlet biasanya digarap satu atau dua tahun menjelang ajang olahraga empat tahunan itu bergulir, kecuali pada PON 2016 persiapan hanya berapa bulan sebelum PON bergulir dengan menggelar pemusatan latihan daerah.

Namun, kata Andi Harun, situasi dan kondisi kali ini berbeda sehingga KONI Kaltim harus lebih serius dan fokus dalam hal persiapan. Apalagi dengan telah ditetapkannya cabang olahraga yang dipertandingkan pada PON 2020 hanya 39 cabang olahraga atau lima cabang olahraga lebih sedikit dibanding PON 2016.

"Dari cabang yang berkurang itu juga ada nomor andalan Kaltim dalam mendulang medali, tentu kondisi ini harus dipikirkan," katanya.

Menurut Andi Harun, konsep KONI Kaltim untuk persiapan atlet tahun depan akan dimaksimalkan kepada induk atau pengurus provinsi cabang olahraga. Hal ini didasari pengalaman puslatda 2016 ketika dikelola secara kolektif menimbulkan pembiayaan yang besar.

"Puslatda sebelumnya dana banyak tersedot untuk konsumsi dan biaya hotel yang mencapai hampir Rp50 miliar, jadi alangkah efektif apabila dana sebesar itu langsung dikelola oleh masing- masing cabang olahraga. Makanya tahun depan kami punya konsep puslatda mandiri yang langsung dikelola masing-masing cabang olahraga," imbuhnya. (*)

Reporter : Antara    Editor : Nur Aisyah Nawir



Comments

comments


Komentar: 0