15 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Sudah Beroperasi, LPKA Kelas II Samarinda Dihuni 5 Anak


Sudah Beroperasi, LPKA Kelas II Samarinda Dihuni 5 Anak
Kepala LPKA Kelas II Samarinda sedang memberikan bimbingan kepada anak anak binaannya

KLIKTENGGARONG.COM- Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas II Samarinda mulai difungsikan. Kantor yang dihibahkan Bupati Kukar Rita Widyasari kepada Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkum HAM) 2016 lalu resmi digunakan sejak 18 September 2017.

"Sudah dihuni," ungkapnya Kepala LPKA Kelas II Samarinda Salis Farida Fitriani saat ditemui di kantornya yang berada di Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Melayu, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Dijelaskannya, kondisi LP saat ini memiliki satu ruangan pembinaan, satu ruangan makan, satu ruangan rapat, satu ruangan administrasi dan satu aula.

Petugas yang berjaga di LPKA Kelas II Samarinda ada 18 orang. Sementara daya tampungnya maksimal 12 orang anak saja. “Sekarang sudah ada 5 orang warga binaan,” terangnya.

Lanjut dia, kelima orang anak laki-laki ini, mempunyai masalah hukum berbeda. Di antaranya 4 orang yang disangkakan UU RI Nomer 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. Sedangkan 1 orang dijerat pasal 170 KUHP lantaran perkelahian.

"Sebelumnya mereka mendekam di Lapas Kelas II B Tenggarong," jelas perempuan yang mengenakan kerudung hitam ini.

Terkait kebutuhan makanan dan pengobatan, kata Salis, masih mengambil dari Lapas Kelas II B Tenggarong lantaran LPKA yang dipimpinnya ini belum memiliki anggaran sendiri.

Catering-nya masih di LP, jadi petugas pagi, siang dan sore mengambil makanannya,” ucapnya.(*)

Reporter : Zaenul Fanani Umar    Editor : Nur Aisyah Nawir



Comments

comments


Komentar: 0