15 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

MA Perintahkan Pemkab Kukar Buka Data Perusahaan Tambang


MA Perintahkan Pemkab Kukar Buka Data Perusahaan Tambang
Salahsatu lubang bekas galian tambang batu bara di Kukar. (Foto: Ist)

KLIKTENGGARONG - Mahkamah Agung (MA) mengabulkan gugatan Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Kalimantan Timur (Kaltim).

Demi kelangsungan alam dan lingkungan hidup bagi rakyat, MA memerintahkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) membuka semua data perusahaan tambang yang beroperasi di Kota Raja ke publik.

Kabar ini diperoleh Klik Tenggarong (Klik Group) di laman resmi MA. (Baca juga: Wah, Pemkab Kukar Kalah Dipersidangan MA Melawan Jatam Kaltim)

Ihwal kasus ini bermula saat Jatam Kaltim meminta data-data laporan pemantauan ketaatan internal perusahaan yang mengeksplorasi alam Kaltim pada 2011.

Permohonan ini diajukan pada 17 Desember 2013. Informasi tersebut diperlukan untuk penelitian tata kelola pemerintahan yang baik dalam pengelolaan hutan di Kukar.

Namun, permohonan mereka ditolak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim sehingga Jatam Kaltim membawa kasus ini ke Komisi Informasi (KI) Kaltim.

Pada 16 April 2015, KI Kaltim memutuskan data yang diminta Jatam Kaltim bukanlah data yang harus dirahasiakan dan memerintahkan Pemkab Kukar membuka data itu ke publik --termasuk kepada Jatam Kaltim.

Atas putusan ini, Pemkab Kukar tidak terima dan mengajukan keberatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Samarinda.

Namun, vonis tetap tidak berubah. Pada 11 Agustus 2025, majelis tetap memerintahkan Pemkab Kukar membuka data tersebut. Pemkab Kukar masih tidak terima dan kemudian mengajukan permohonan kasasi ke MA. (*)

Reporter : Bunga Aviria    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0